Jumat, 10 Desember 2010

Sunarcaya, Putu, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor NTT, Tesis MM, UT, Jakarta, 2008.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Alor. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh dari faktor kepemimpinan secara parsial terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor? 2) Apakah terdapat pengaruh dari faktor komunikasi secara parsial terhadap kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor? 3) Apakah terdapat pengaruh dari faktor iklim organisasi secara parsial terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor? 4) Apakahj terdapat pengaruh dari faktor motivati kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor? 5) Apakah Terdapat pengaruh dari faktor kepemimpinan, komunikasi, iklim organisasi dan motivasi secara simultan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor?
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Adapun variabel independen dalam model ini adalah kepemimpinan, komunikasi, iklim organisasi, dan motivsi kerja, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja pegawai. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial, digunakan uji t. Di lain pihak untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan, digunakan uji F. Sampel yang digunakan adalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan, komunikasi dan iklim organisasi tidak berpengaruh terhadap kinreja pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Alor, dan satu-satunya variabel yang mempunyai pengaruh signifikan adalah variabel motivasi kerja. Hal ini terbukti dai p value yang signifikan pada α = 0,05.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar