Kamis, 09 Desember 2010

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Beserta Pengeluaran Pembangunan Di Kabupaten Blora Tahun 2000-2004, Skripsi, Sarjana Ekonomi, UNS, 2005.


Dalam menghadapi kondisi otonomi daerah, maka Kabupaten Blora harus memiliki kesiapan dan kemantapan sumber-sumber dana bagi pembiayaan pembangunan yang mutlak diperlukan untuk mewujudkan Kabupaten Blora menjadi daerah yang mandiri dari ketergantungan pemerintah pusat. Oleh karena itu dengan meninjau kembali pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora yang tidak banyak diikuti dengan pertumbuhan pengeluaran pembangunannya, maka hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian di Kabupaten Blora.
Permasalahan yang diungkap melalui penelitian ini: 1) Adakah pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah beserta pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora? 2) Seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah beserta pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora? 3) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 3) Mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. 4) Mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. 5) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan ekonomi daerah di Kabupaten Blora.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah hipotesis sebagai berikut: 1) Ada pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Blora. 2) Ada pengaruh pertumbuhan ekonomi daerah terhadap pengeluaran pembangunan di Kabupaten Blora. Sedangkan populasi sekaligus sampelnya adalah laporan realisasi APBD Kabupaten Blora tahun 2000-2004, ada 3 variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Pertumbuhan ekonomi daerah, 2) Pendapatan Asli Daerah, 3) Pengeluaran Pembangunan. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan wawancara. Sesuai dengan permasalahan dan hipotesis dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu dengan time series, regresi dan deskriptif persentase.


Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Pendapatan Asli Daerah, Pengeluaran Pembangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar