Jumat, 10 Desember 2010

Ambeng, Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat pada Kantor Camat Hasil Pemekaran (Studi pada Kantor Camat Lumar Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat), Tesis Magister Administrasi Publik, PPS UT, UPBJJ-UT Pontianak, 2009.

Tesis ini mengangkat masalah kinerja pegawai Kecamatan Lumar sebagai hasil pemekaran dari Kecamatan Ledo berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 04 tahun 2004, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat kepada masyarakat. Berhubung Kecamatan Lumar relative masih baru, masih terdapat berbagai permasalahan yang ada, di antaranya fasilitas dan sarana kantor yang terbatas, rendahnya sumber daya manusia dan budaya kerja pegawai yang dianggap masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini ingin mendiskripsikan kinerja pegawai dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai meliputi komitmen pemimpin, motivasi pegawai dan dukungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subjek penelitian adalah pegawai yang ada di kantor Kecamatan Lumar dan beberapa wakil dari instansi terkait serta anggota masyarakat. Hasil penelitian menjelaskan tentang kinerja pegawai yang meliputi responsivitas, efektivitas dan kualitas pelayanan secara umum dapat dikatakan cukup baik yaitu telah memenuhi standar minimal pelayanan, namun masih terdapat kelemahan terutama tentang etos kerja yang kurang kuat dan fasilitas kantor yang masih minim sehingga berimplikasi pada pelayanan yang kurang optimal. Dilihat dari faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai terutama komitmen pemimpin (Camat) sudah cukup baik, yaitu Camat selalu melakukan koordinasi dengan bawahan. Jika dilihat dari faktor motivasi untuk meningkatkan jenjang karier. Selanjutnya faktor masyarakat tentang kesadaran tertib administrasi dan partisipasi program pemerintah yng kurang, bisa mengakibatkan kerja pegawai menjadi terhambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar