Jumat, 10 Desember 2010

Affandi, HM., Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen, dan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Pegawai di Lingkungan Pemerinta Kota Semarang), Tesis MM, UNDIP, Semarang, 2002.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja, komitmen, dan kinerja pegawai pada organisasi pemerintah kota Semarang. Efektivitas Organisasi dapat diciptakan melalui iklim kerja yang kondusif pada lingkungan Organisasi. Iklim organisasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja, komitmen, dan kinerja pegawai. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Purposive non Random sampling. Dari 310 kuesioner yang disebar, diperoleh 135 kuesioner yang layak dianalisis. Hasil dari hipotesis menunjukkan bahwa faktor iklim organisasi tersebut mempengaruhi kepuasan kerja, komitmen, dan kinerja pegawai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklim Organisasi yang meliputi Structure, Responsibility, Recognition, and Reward, Risk, Warmth, Support, Standard, Conflict, Innovation, mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja, komitmen, dan kinerja pegawai. Penelitian ini juga menemukan bahwa persepsi tentang iklim organisasi di antaea pegawai struktural dan staf di Pemerintah Kota Semarang tidak berbeda secara signifikan. Juga, hasil keseluruhan dari penelitian ini memberikan dukungan yang memperkuat teori-teori sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar